Friday, March 22, 2013

Firewall Mikrotik : Membuat address list secara otomatis

Bagi anda yang sering bermain-main dengan firewall mikrotik, tentunya sudah tidak asing lagi dengan yang namanya address list mikrotik. 
Apa sih address list itu ?
Address list berupa daftar IP address yang sengaja dukumpulkan dan dikelompokan berdasarkan domain atau website tertentu baik secara manual maupun otomatis.
Terus kalau sudah dikumpulkan gunanya address list buat apa ?
Address list berguna jika kita membuat suatu rule dan ingin melakukan bloking atau mengizinkan beberapa atau sekumpulan ip tanpa harus memasukan satu persatu ke dalam rule tersebut.
Contohnya seperti apa sih ?
Misalkan kita ingin melakukan blocking terhadap suatu situs berdasarkan ip sedangkan ip situs tersebut itu jumlahnya banyak dan bersifat random, jika kita harus mendata ip-ip tersebut tentunya merepotkan. Ambil contoh situs facebook yang mempunyai begitu banyak ip dan selalu berubah-ubah. Maka dari itu pembuatan rule akan lebih mudah dan cepat jika kita membuat list ip-ip facebook yang secara otomatis ketika user mengunjungi situs tersebut akan langsung di daftarkan ke dalam address list dalam rentang waktu tertentu.
Masih Bingung ya ? langsung ajah buat rule nya.
Pada rule dibawah ini bertujuan untuk menangkap semua ip yang berhubungan dengan konten facebook yang kemudian kita akan memasukannya ke dalam address list yang kita beri nama facebook.

address-list
Ketika ada user yang mengakses facebook maka secara otomatis IP situs tersebut akan dimasukan ke dalam address list facebook. Selanjutnya setelah ip-ip tersebut terkumpul kita bisa melakukan atau membuat rule lainnya dengan accuan address list tersebut.

address-list-mikrotik
Anda bisa menerapkan rule ini untuk menangkap IP situs2 lainnya, cukup ganti content dengan nama situs yang ingin anda tangkap IP nya.

Artikel Bersumber dari : http://pe-je.blogspot.com/2012/12/firewall-mikrotik-membuat-address-list.html#ixzz2OGDizV89

Reaksi:

0 komentar: