Friday, March 11, 2011

The Art of War Book

The Art of War adalah buku tentang filosofi-filosofi dalam berperang dan bagaimana cara memenangkannya. Buku ini tidak hanya populer di bidang militer, melainkan juga di bidang politik hingga bisnis. Filosofi yang dibicarakan dalam buku ini mengenai strategi, sehingga dapat diimplementasikan secara luas untuk berbagai macam aspek kehidupan.

Sun Tzu, adalah seorang jenderal militer dari Cina pada zaman Sebelum Masehi. The Art of War, adalah buku karya yang terinspirasi dari kemenangan-kemenangannya di medan perang, dari dulu sampai sekarang masih menjadi bacaan yang populer, dan dimanfaatkan oleh para pemimpin masa kini dalam merencanakan, mengembangkan dan mengimplementasikan strategi dalam segala bidang. Bagi Sun Tzu, perang sudah menjadi seni, seni perang dan bukan lagi menjadi suatu teori yang hanya ada di dalam buku, tapi sudah diaplikasikannya dalam setiap peperangan yang dimenangkannya.


Bagian pertama dari buku Sun Tzu merupakan tentang `Laying Plans` yang dalam dunia bisnis biasa kita sebut dengan Strategic Planning. Pemikiran Sun Tzu dalam strategic planning masih relevan digunakan hingga saat ini. Inilah yang mungkin menyebabkan The Art of War begitu populer.

Menurut Sun Tzu, sebelum masuk ke medan perang, terdapat lima faktor utama yang harus dipertimbangkan, antara lain:
1) The Moral Law, adalah aturan yang memungkinkan orang untuk patuh dengan pemimpinnya, dan bersedia mengikuti tanpa mempedulikan ancaman terhadap hidup mereka.

2) Heaven, yakni menandakan kondisi pagi dan siang, dingin dan panas, waktu dan musim. Dalam bisnis, ini sepadan dengan kondisi eksternal, yakni peluang (opportunities) dan ancaman (threats).

3) Earth, yakni terdiri dari jarak yang jauh dan pendek, bahaya dan keamanan, medan terbuka atau pegunungan serta peluang hidup dan mati. Dalam bisnis, ini sama dengan kondisi internal, yakni kekuatan (strength) dan kelemahan (weakness).

4) The Commander, yakni kebijakan, kredibilitas, baik, berani, dan disiplin. Commander sama saja dengan kepemimpinan, dimana pemimpin membawa para pengikut untuk mencapai visinya.

5) Method & Discipline, yakni chain of command, logistik hingga cost control. Dalam bisnis, ini merupakan cara Anda dalam menjalankan bisnis, penguasaan skill dan proses tertentu.

Reaksi:

0 komentar: