Friday, June 03, 2011

“ KESADARAN DAN PIKIRAN APA BEDANYA “

Diskusi: Tanya; Bhante, apa bedanya Kesadaran dengan Pikiran. apakah Kesadaran itu? apakah Pikiran itu? Mohon penjelasan yg mudah dicerna, dg contoh2 atau analogi yg msk akal sehat. Teman2 tolong ksh koment yg benar dan berguna, sadhu.

Jawab: Teman-teman maaf bila uraian bhante salah, ini hanya uraian sederhana. Kesadaran dalam bahasa Pali=Winyana. Pikiran dalam bahasa Pali=Sangkhara. Kesadaran kerja awalnya yaitu menyadari atau mengetahui segala sesuatu objek yang kontak (phasa) dengan 5 pintu indria. Contoh; Mata waktu kontak atau melihat objek warna, maka akan timbul kesadaran atau mengetahui bahwa itu warna. Lalu pencerapan (sanya-ingatan) menilai dan mengingat sambil mencari di memori bahwa warna itu apa?

Misalnya warna merah. Kemudian proses pikiran bekerja selanjutnya bahwa warna merah itu merah tua-muda dan warna merah itu bunga mawar. Urutan bentuk pikiran terhadap warna merah itu ada ribuan bahkan miliaran bentuk piiran, dsb. Selain itu bentuk pikiran tsb disertai pikiran positif dan negatif.

Pada saat orang mendengar atau membaca atau melihat peristiwa, setelah melalui pintu kesadaran. Maka akan mucul bentuk pikiran negatif atau positif yang jumlahnya ribuan bahkan miliaran bentuk pikiran, yang sangat cepat sekali yang tidak mudah ditangkap oleh kesadaran karena cepatnya. Juga setiap saat bersamaan selalu berubah, dan pecah berhamburan.

Setiap ada objek pasti kontak atau menyentuh 5 indria, lalu muncul melalui pintu kesadaran terlebih dulu untuk menilai objek itu apa? Demikian pula lidah bila kontak dengan objek makanan atau minuman. Yang pertama muncul melalui pintu kesadaran untuk menilai atau mengetahui objek itu apa?

Pintu kesadaran dalam bahasa Pali=Dwara Winyana. Kontak dalam bahasa Pali=Phasa.
5 indria ialah mata, hidung, telinga, mulut, tubuh, dan ke-6 pikiran. Uraian ini agak sulit dicerna karena inilah ajaran Buddha yang tertinggi yang disebut Abhi Dharma. Untuk mengerti uraian ini paling tidak harus pernah ikut latihan Wipassana intensif.

TEMAN-TEMAN TERIMAKASIH ATAS DEDIKASI DAN KOEMNNYA.

1. Slmt siang, Namo Buddhaya. Kesadaran adl suatu kemampuan utk mengetahui adanya suatu rangsangan. Dlm fungsinya, kesadaran itu didahului oleh ”perhatian”. Dan keduanya ini tercakup di dlm istilah bahasa Pali yaitu ”sati”. Kalau org menerima ...rangsangan pd salah satu inderanya, maka pertama kali ia akan menunjukan perhatiannya kpd rangsangan tsb, kemudian terjadilah penerobosan kesadaran ke dlm daerah sub-sadar, shg org mengetahui adanya rangsangan itu. Pd tingkatan ini tingkatan ini gambaran rangsangan itu msh umum dan kabur, ttp bersipat menentukan. Kalau mendapat perhatian lbh lnjt thd rangsangan itu, dan dorongan indera ckp kuat, maka menjadi lbh mendalam kpd bagian2 yg lbh kecil dr rangsangan itu. Dan kemudian hal tsb di hubungkan dgn keadaan2 yg sekarang, keadaan2 yg lalu, atau keadaan2 yg akan datang, maka dlm hal ini terjadilah proses ”berpikir”, hasil dr proses berpikir inilah disebut dgn pikiran, semoga bermanfaat. sadhu...sadhu...sadhu

2. S'mat pagi Bhante! Mohon koreksi klo salah, Kesadaran = pikiran Ýåħġ terjaga, sedangkan pikiran = cetana/keinginan. Pikiran diibaratkan sprt Pabrik Ýåħġ memproduksi keinginan2 baik positf maupun negatif. Dan kesadaran sprt seorg operator QC Ýåħġ slalu cek produk Ýåħġ + aza. Namo buddhaya.

3. kesadaran itu merupakan suatu tindakan hati yg selalu membimbing kita kejalan kebaikan, kebenaran dan kejujuran.hanya kesadaranlah yg akan membawa kita jauh dari kesesatan hidup,dan selalu menjlnkan dharma sang budha yg bebahagia.sedangkan p...ikiran itu adalah rasa yang manusia itu punya yaitu keegoisan dan kesombongan jika suatu pemikiran yang benar''terarah pada hal''kebenaran maka jln kita akan benar juga,jika pemikiran kita hanya buat kehidupan duniawi yg penuh kebebasan timbullah keserakahan dan kesirikan sehingga tdk mau mengerti akan kehidupan yg nyata ini dgn menjlnkan dan menjlnkan dharma sang budha yg berbahagia...Intinya kehidupan ini timbulkanlah kesadaran utk menjaga alam ini dgn baik agar selalu terjaga kedamaiannya dan jlnkanlah pemikiran yg baik sesuai kata hati.....
Namo amitofo sanchai 3x..semoga semua makhluk berbahagia.

4. Kesadaran adalah tindak lanjut dari pikiran. pikiran ada karna suatu objek/rangsangan. memacu kerja otak untuk bertindak/merespon. Sedangkan kesadaran hakekatnya adalah hasil penilaian dan pertimbangan dari suatu pemikiran. atau dgn katalain kesadaran adalah evaluasi mendalam dari pemikiran.

5. Namo buddhaya, kesadaran mata untuk melihat, contoh saya melihat seorang perempuan setelah itu muncul bentuk pikiran mengenai seorang perempuan tersebut apakah ia cantik, tua, jelek dst. begitu pula dgn indera2 yg lain apabila kontak dgn objek, jangan kebalik tdk mungkin ada pikiran tanpa didahului kesadaran dari panca indera. Anda bisa baca abhiddhamma.(citta 89-121, cetasika 52). Namo buddhaya, citta 89-121 = kesadaran pikiran, cetasika 52 = bentuk2 batin/pikiran, dan citta vithi 17 = proses berpikir. Ketiga hal tersebut saling berhubungan, serupa tapi tak sama. Anumodana.

6. Namo buddhaya. (Menerima ajaran sejati, inilah kesadaran sejati. Merasakan manfaatnya yg luar biasa, itulah ...pikiran.) (Melihat anak kecil terjatuh,timbul rasa kasihan,inilah kesadaraan. Mengetahui anak tersebut bkn anaknya,itulah pikiran.) (memungut uang dijalan, inilah kesadaran, memasukan kekantong, itulah pikiran. Kesadaran adalah keadaan kita dimana kita tahu,mengerti dgn jelas apa yg didlm pikiran. Pikiran diartikan byk mana,seperti ingatan, hasil berpikir,akal,gagasan, maksud,niat. Sebagai gambaran utk memperjelaskannya misalnya kita melihat setangkai bunga,keadaan melihat bunga tersebut yg kita sadari dinamakan kesadaran. Sedangkan bunga yg kita lihat menimbulkan anggapan berwarna dinamakan pikiran. Reaksi bagus dan indah kita sukai adalah bentuk dari perasaan. Kemudian reaksi pikiran menginginkan bunga tesebut itu yg dimaksud niat,kehendak,maksud. SALAM METTA.

7. kesadaran ke.sa.dar.an, [n] (1) keinsafan; keadaan mengerti: -- akan harga dirinya timbul krn ia diperlakukan secara tidak adil; (2) hal yg dirasakan atau dialami oleh seseorang. pikiran pi.kir.an
[n] (1) hasil berpikir (memikirkan): ia pandai menangkap ~ dan perasaan orang lain; (2) akal; ingatan; (3) akal (dl arti daya upaya): mendapat ~; (4) angan-angan; gagasan: ~ baru; (5) niat; maksud: tidak ada ~ akan berhent...i bersekolah melalui pikiran&adanya akibat mk terbentuklah kesadaran..jk hanya pikiran tanpa akbat blm tentu kesadaran itu timbul.

8. Namo buddhaya...bhante kesadaran klu di pukul orang. Kita merasakan sakit itulah kesadaran.dan klu kita memijam barang orang lain dan swaktu kita di tanya tman lain ini barang lu ya? Gak itu aku pijam,itulah ksadaran juga.karna kita masih tau klu barang itu bkn milik kita.klu pikiran kita punya masalah di kantor dan blm bisa di selesaikan nah kita akan slalu ingin masalah itu cpat selesai,kita mencari cara itulah pikiran. Otak kita akan berpikir gimana cara biar cpat selesai masalah nya.

10. Kesadaran>kaitan/berhubungan antara hati dan pikiran yg sadar akan suatu hal.
Sedangkn pikiran ya berhubungn dgn pikiran/otak itu sdr tanpa unsur hati/perasaan hehehe ^^tlg d koreksi bhante.

Karma baik ini kami limpahkan kepada para Guru Dharma dan orangtua serta para leluhur, dan semua makhluk yang telah meninggal semoga mereka menerimanya dan ikut berbahagia, sadhu.

Sabbe satta bhawantu sukhitatta.
Semoga semua makhluk hidup berbahagia.
Ven. Sudhammacaro.
Penyusun.





Reaksi:

0 komentar: